en

View article

Destination articles

Bepergian dengan Transportasi Bus ke Jakarta dari Yogyakarta

henrymiller

Indonesia

Yogyakarta adalah salah satu kota dari 32 provinsi yang ada di Indonesia. Penduduk setempat menyebutnya sebagai salah satu kota dengan pusat budaya terbesar yang ada di pulau Jawa. Wilayah yang indah ini terletak di kaki Gunung Merapi yang masih aktif. Pada abad ke-16 dan ke-17 tempat ini di anggap sebagai pusat Kekaisaran Jawa yang masih sangat kuat. Untuk beberapa alasan, saya merasa kota Yogyakarta itu memiliki pesona khusus yang benar-benar dapat memikat para pengunjung dan wisatawan yang berkunjung kesana. Yogyakarta adalah salah satu daerah yang paling padat penduduknya di Indonesia. Pengrajin local di Yogyakarta sangat unggul dalam membuat kerajinan batik, perak, dan kulit. Tempat ini juga sering di kenal sebagai pintu gerbang utama ke Jawa Tengah karena tepat seperti lokasi yang digambarkan secara geografis. Saya melihat peta sambil berkeliling dan menyadari bahwa kota Yogyakarta terbentang dari Gunung Merapi sampai ke Samudra Hindia.


Kota ini lebih dari sekedar pusat budaya dan di kenal cukup hidup dan surga bagi para pembelanja serta penduduk di sana yang sangat ramah. Jalan utama selalu ramai pengunjung tepatnya di jalan Malioboro. Terimakasih untuk budaya jajanan malam yang selalu ramai di pinggir jalan yang mana telah dijual oleh pedagang kaki lima dipinggir jalan yang membentang berderet di satu jalur tersebut. Beberapa toko turis dan hotel-hotel murah berada di tempat yang strategis tepat di sisi seberang pedagang kaki lima tersebut. Kunci daya tarik dari kota ini adalah Keraton Sultan. Untuk berwisata ke Keraton Sultan, lebih baik anda jadwalkan pada hari terakhir wisata anda di Yogyakarta karena hampir di butuhkan waktu satu setengah hari. Oleh karena itu, saya memesan tiket di www.redbus.id/tiket-bus/yogyakarta-ke-jakarta pada hari terakhir saat saya berkunjung ke Keraton Sultan.

Situs jejaringnya memberikan info bahwa di sana hanya ada dua Operator yang melakukan perjalanan dari Yogyakarta menuju ke Jakarta. Pahala Kencana adalah Operator yang saya pilih untuk memesan tiket menuju Jakarta karena harganya yang murah dan saya tidak ingin menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah perjalanan. Operator ini memiliki banyak jadwal perjalanan yang dapat dipilih dan hampir setiap dua jam bus melakukan perjalanan yang dimulai dari jam 12.30 di siang hari hingga jam 17.00 petang. Harga tiket yang ditawarkan kepada saya hanya IDR 180.000,- dan total durasi perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 7 jam. Jika diantara kalian mencari perjalanan dengan fasilitas yang mewah, anda dapat memesan tiket anda dengan Rendra Travel yang mana ini adalah Operator bus yang berkelas. Harga tiket yang ditawarkan terbilang cukup tinggi yaitu dimulai dari IDR 255.000,-

Sesampainya di Jakarta, saya hanya dapat melihat kerumunan orang, kemacetan dan urbanisasi, dan ini cukup menjelaskan kepada saya bahwa ini adalah gambaran ibu kota Indonesia. Kota yang indah ini memiliki sejarah yang kaya dan beragam. Banyak orang-orang melihat kearah saya pada awalnya tetapi akhirnya saya merasa seperti saya adalah salah satu dari mereka. Kota ini dipenuhi dengan berbagai kontras arsitektur kuno maupun modern dengan campuran budaya Asia dan Asia Tenggara. Ada banyak pengaruh Belanda dan Islam pada masyarakat Jakarta. Ada banyak hal yang bisa dilihat di sini mulai dari bangunan-bangunan Belanda hingga kompleks kuil Cina. Jika Anda memiliki anggaran yang minim, anda dapat tinggal di dekat Jakarta Pusat karena pilihan akomodasi di sini relatif lebih murah di bandingkan dengan kota lainnya.





0

The Wall

You need to sign in to comment
No comments