en

View article

Destination articles

Pergi ke Surabaya Dengan Naik Bus dari Jakarta

Tasya35

Jakarta

Sebagai ibu kota Republik Indonesia, Jakarta memiliki populasi penduduk lebih dari 20 juta jiwa, yang terdiri dari 300 kelompok etnis berbeda yang berbicara lebih dari 70 bahasa berbeda. Terdapat berbagai macam keragaman di tengah masyarakat yang tinggal di sini, seperti perbedaan budaya dan tradisi keagamaan. Jakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki hak istimewa untuk memiliki status sekaligus sebagai sebuah provinsi, meskipun hanya memiliki luas wilayah sekitar 640 km persegi.
Terletak di pesisir utara Jawa Barat, menjadikan kota ini dipertimbangkan sebagai pusat utama perdagangan maupun beberapa kegiatan industri.

Kota Jakarta memiliki jaringan komunikasi yang besar yang menghubungkan ke seluruh wilayah negara Indonesia dan juga dunia luar. Posisi Jakarta terasa begitu strategis sehingga berfungsi sebagai pintu gerbang bagi seluruh wilayah lain di Indonesia. Satu hal yang saya sadari bahwa kota Jakarta adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki semua moda transportasi yang ada. Jakarta juga telah ditetapkan sebagai tujuan utama pariwisata dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan mancanegara untuk menuju ke daerah tujuan wisata lainnya. Saat saya datang ke Jakarta melalui udara, ada satu hal yang saya sadari dan itu adalah Jakarta memiliki salah satu bandar udara yang terbesar dan termasuk paling modern di Asia. Sedangkan moda transportasi lainnya, yaitu kereta api, juga cukup mudah diakses dan ada terhubung ke beberapa tempat penting di pulau Jawa.

Ketika Anda menjelajahi kota ini lebih jauh, Anda akan menyadari bahwa ada sesuatu yang kontras di antara orang-orang yang tinggal di sini. Ada yang sangat kaya dan ada juga yang sangat miskin. Namun, hal inilah salah satu bentuk keberagaman masyarakat yang ada di kota ini. Saya juga memastikan untuk mengunjungi kawasan museum nasional, yang terdiri dari Monumen Nasional sekaligus Museum Nasional, sebelum berangkat ke tujuan saya berikutnya, yaitu Surabaya. Setelah saya rasa cukup dalam menjelajahi sebagian besar landmark yang harus dikunjungi yang ada di Jakarta, saya pun siap melanjutkan perjalanan saya dan segera memesan tiket bus saya ke Surabaya dari website Redbus.id.

Sebagai kota yang cukup terkenal dan favorit, terdapat lebih dari 5 operator
bus yang melayani rute perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Namun, setelah berbincang-bincang dengan penduduk setempat, mereka merekomendasikan dua operator bus populer, yaitu Pahala Kencana dan Kramat Djati (KD). Pahala Kencana disebut memberikan pelayanan kelas eksekutif, begitu juga dengan operator KD yang menawarkan kelas premium. Pahala Kencana menjadi salah satu operator bus yang disukai oleh sebagian besar wisatawan karena harganya yang cukup ekonomis. Karena banyaknya permintaan, operator ini pun menyediakan lebih dari 15 bus dalam satu hari. Perjalanan bisa dimulai dari pukul 11:00 pagi sampai jam 03:00 pagi keesokan harinya. Ada sekitar 30 sampai 35 kursi di setiap bus yang melayani, dengan ruang kaki yang cukup lega dan sandaran siku di setiap kursinya. Harga untuk satu tiket adalah sekitar Rp260.000. Biaya tersebut terasa cukup masuk akal, mengingat jarak antara kedua kota dan lama perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar 17 jam untuk sampai di tempat tujuan, dan akan ada beberapa jeda singkat selama perjalanan. Sedangkan KD yang menjadi operator bus kelas premium hanya memiliki 1 bus dengan jadwal keberangkatan pada pukul 03.30 di sore hari dengan satu tiket seharga Rp300.000.

0

The Wall

You need to sign in to comment
No comments